top of page

Blog

Bakteri - Bakteri Air Sungai Mikroorganisme


Mikroorganisme merupakan makhluk hidup kecil yang beberapa di antaranya

dapat menyebabkan gangguan kesehatan apabila masuk dalamn tubuh manusia. beberapa jenis mikroorganisme yang menjadi polutan dalam air antara lain adalah sebagai berikut.

- Bakteri escherichia coli

bakteri escherichia coli merupakan bakteri yang terdapat di dalam tinja atau kotoran manusia. Bakteri ini sangat berbahya apabila masuk dalam tubuh manusia karena dapat mengakibatkan sakit perut Banyaknya kandungan bakteri E. coli mengindikasikan tingkat pencernaan yang tinggi pada sebuah sumber air sungai tersebut.


- Virus

Virus dapat memyebabkan beberapa penyakit mulai dari yang ringan sampai yang berat, seperti flu, polio, dan hepatiti, Virus dapat menyebar melalui beberapa media yaitu udara dan air. Air sungai yang digunakan untuk mandi bersama-sama dengan penderita penyakit tersebut berpotensi untuk menularkan penyakit tersebut kepada orang lain


- Vibrio cholarae

Mikroorganisme ini dapat menyebabkan penyakit kolera asitika. Penyebaran utamanya memalui air sungai yang tercemar oleh kotoran manusia yang mengandung vibrio cholerae.

- Salmonnella typhosa

Salmonnella typhosa merupakan penyebab typhus abdominalis yang banyak terdapat di dalam air sungai bila terjadi wabah. Prinsip penularannya adalah melalui air dan makanan yang telah tercemar oleh kotoran manusia yang berpenyakit tifus.

- Shigella

shigella adala mikroorganisme yang dapat menyebabkan penyakit disentri basiler dan banyak terdapat pada air sungai yang tercemar. cara penularannya adalah memalui kontak langsung dengan kotoran manusia maupun perantara makanan.

- Entamoeba histolytica

mikroorganisme ini dapat menyebabkan penyakit disentri dengan penyebaran melalui lumpur dan air sungai.

- Ascaris

ascaris dapat menyebabkan penyakit cacingan dan banyak terdapat pada air sungai yang tercemar limbah. kotoran manusia

Featured Posts
Archive
Follow Me
  • Grey Facebook Icon
  • Grey Twitter Icon
  • Grey Instagram Icon
bottom of page