top of page

Blog

Khasiat Berenang Bagi Tubuh


Renang adalah salah satu olahraga yang paling populer di Dunia. Dimana dengan berenang merupakan cara yang tepat untuk menjaga tubuh tetap fit, tetap sehat, dan juga baik untuk sosial. Disamping itu, olahraga renang merupakan aktivitas yang dapat memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan fisik dan mental. Berikut artikel mengenai manfaat renang bagi tubuh.

Untuk memulai olahraga renang itu mudah. Hal ini dikarenakan berenang merupakan olahraga yang cocok untuk segala kelompok usia, serta tingkat keterampilan dan kebugarannya. Yang perlu Anda siapkan adalah baju renang, kacamata renang, pelampung renang (jika dibutuhkan), dan jangan lupa untuk lakukan pemanasan terlebih dahulu.

1. Membantu Mengontrol Berat Badan

Dengan melakukan berenang selama 30 menit dengan gaya dada dapat membantu membakar sebesar 367 kalori, yang diyakini melebihi olahraga lari dan bersepeda. Anda dapat melihat berapa kalori yang dapat Anda bakar dengan pemilihan rentan waktu dan variasi gaya renang yang berbeda.


2. Membuat Tubuh Rileks dan Melepas Stres

Menurut sebuah survey terhadap 4000 perenang yang dilakukan oleh Speedo, 74 persen mengatakan setuju bahwa berenang dapat melepas stres dan ketegangan, 68 persen mengatakan bahwa dengan berada di dalam air dapat membantu memunculkan perasaan nyaman, dan 70 persen merasa badan lebih segar setelah melakukan olahraga renang (1).


3. Berenang dapat Meningkatkan Mood

Studi lain menunjukkan bahwa perenang, baik yang amatir maupun profesional, memiliki tingkat emosi yang lebih rendah akan rasa ketegangan, depresi, marah, dan kebingungan saat mereka melakukan olahraga renang. Hal ini berarti bahwa dengan berenang dapat meningkatkan suasana hati, yang dikarenakan terjadinya pelepasan hormon serotonin (pemberi perasaan nyaman dan senang)

4. Risiko Cedera yang Lebih Rendah


Ketika Anda berenang, Anda akan merasakan beban tubuh yang lebih ringan yang dikarenakan daya apung air. Dengan melakukan gerangan yang lebih mudah dan sedikit ketegangan pada tulang, sendi, dan otot, berenang memiliki risiko cedera yang lebih rendah daripada olahraga lainnya.

5. Turunkan Risiko Berbagai Penyakit

Berenang tidak hanya bagus untuk kesehatan jantung dan bentuk latihan kardiovaskular yang baik, tetapi juga terbukti dapat mengendalikan kadar gula darah, menurunkan tekanan darah dan mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah Anda. Oleh karena itu, dengan melakukan olahraga renang secara teratur dapat membantu Anda dalam menurunkan risiko berbagai penyakit yang pada akhirnya dapat menjaga kesehatan Anda secara keseluruhan.


6. Meningkatkan Tingkat Energi Anda


Kurangnya melakukan aktivitas seringkali menjadi penyebab mengalami kekurangan energi pada tubuh Anda. Dengan melakukan olahraga berenang sekitar 30 menit tiga kali seminggu dapat membantu meningkatkan tingkat energi Anda melalui kenaikan tingkat metabolisme.


7. Berolahraga Tanpa Berkeringat

Jika berkeringat sering membuat Anda merasa kurang percaya diri, hal ini berarti renang merupakan olahraga yang cocok untuk Anda. Anda tidak akan merasa kepanasan atau bahkan merasa berkeringat, hal ini dikarenakan air di kolam renang

dapat mendinginkan tubuh Anda secara terus menerus.


8. Membuat Anda Lebih Pintar

Penelitian dari Australia membandingkan anak-anak yang rutin mengikuti pelajaran olahraga renang dengan yang tidak. Hasilnya menunjukkan bahwa anak-anak yang rutin berenang lebih menguasai perkembangan bahasa, keterampilan motorik halus, lebih percaya diri, dan perkembangan fisik yang lebih cepat daripada yang tidak mengikuti pelajaran olahraga renang.

9. Mencegah Asma dan Memperbaiki Kondisi Kesehatan

Tidak seperti olahraga lain, berenang dapat memberi kesempatan untuk berolahraga di udara lembab, yang dapat membantu mengurangi gejala asma yang biasa terjadi saat olahraga. Latihan renang tidak hanya dapat membantu Anda menghindari serangan asma jika Anda rentan terhadapnya, beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa berenang benar-benar dapat memperbaiki kondisi kesehatan secara keseluruhan .

Featured Posts
Archive
Follow Me
  • Grey Facebook Icon
  • Grey Twitter Icon
  • Grey Instagram Icon
bottom of page